Merasakan Nikmatnya Pampakin


Awalnya Saya berfikir buah durian itu akan selalu memiliki warna seragam pada dagingnya, dan tidak terlintas sedikitpun bahwa ada buah yang menyerupai durian namun dagingnya berwarna orange. Sebelumnya Saya berangkat menuju Banjarmasin melalui Surabaya, dan perjalanan pun berlanjut menuju Barabai yang memakan waktu hampir 3 jam, di Barabai terdapat pasar yang menjadi primadona masyarakat Kalimantan Selatan, tempat bertemunya penjual dan pembeli ini, menawarkan berbagai jenis kebutuhan hidup, mulai dari sayur, masakan tradisional, alat-alat rumah tangga hingga buah-buah lokal.

Buah yang mendominasi Pasar Barabai adalah buah Cempedak dan buah Pampakin, kalau cempedak cukup Saya kenal namun berbeda halnya dengan Pampakin, buah ini menyerupai buah durian namun yang cukup membedakan adalah warna dagingnya yang berwarna orange. Sebenarnya perjalanan ke Kalimantan Selatan bukan perjalanan pertama kali, sebelumnya pernah diexpose di blog ini tentang perjalanan Saya ke Hamayung dengan judul Negeri di Atas Sungai, namun kesempatan benar-benar belum berpihak kepada Saya untuk menikmati Pampakin, dan tepat 2 hari yang lalu akhirnya Saya dapat merasakan keunikan bentuk dan rasa Pampakin.



Pampakin, untuk jenis Mantuala, sangat digemari karena rasa dan baunya yang enak. Harganyapun tidak terlalu mahal berkisar diantara 5-10 ribu per buah. Warga yang berburu membeli Pampakin ternyata tak hanya warga Barabai, tapi juga warga kota lain yang sedang ada di Barabai. Sebenarnya Pampakin adalah buah lokal asal Kalimantan yang tumbuh di rimba belantara, rasa dan baunya tidak begitu menyengat seperti durian, tidak terlalu manis dan agak padat dagingnya, namun lezat.

Ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan, suhu setempat mencapai 33°C, cukup panas dan memaksa Saya untuk selalu minum melepas dahaga, namun kondisi tersebut berubah menjadi kebahagiaan, betapa tidak terik panas matahari yang menyengat membuat dahaga berada di puncak kerongkongan, hilang terbasuh segelas es kelapa muda yang tersaji nikmat dengan susu kental manis dan jeruk nipis, nikmat….


Jika ada kesempatan berkunjung ke Kalimantan Selatan, tidak ada salahnya mencoba kelezatan Pampakin dan es kelapa muda, selamat mencoba!



0 komentar: