Cangar " jalur Alternatif Kaya Pesonan"



 
Setelah mengunjungi desa Sidomulyo, tidaklah sulit untuk melanjutkan perjalanan menuju Cangar, tempat ini tidak jauh berbeda dengan tempat – tempat wisata lainnya yaitu sama-sama menawarkan keindahan alamnya, namun ada keunikan tersendiri bagi Cangar, dan bagi Saya tempat ini banyak menyimpan kekayaan pesona, bukan hanya kesejukannya saja namun tempat ini terkenal karena pemandian air panasnya.





 
Secara geografis, Cangar terletak di jalur alternatif yang menghubungkan Kota Batu dengan Mojokerto, untuk menuju lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam atau berjarak 80 Km dari pusat kota Batu, selama perjalanan menuju lokasi mata anda akan dimanjakan dengan beragam keindahan pesona Kota Batukarena jalur perjalanannya selain melewati Desa Sidomulyo “Surganya Bunga”, jalur ini juga melewati Selecta yang terkenal dengan taman bermainnya, dan Coban Talun yang terkenal dengan air terjunnya.





Karena jalur alternatif, maka umumnya kendaraan yang melewati jalan ini adalah kendaraan pengangkut barang, walaupun demikian kondisi jalannya cukup nyaman, hampir sebagian besar beraspal  halus, namun harus hati – hati dan waspada ketika melewati jalan menikung, endapan pasir kering di sisi jalan serta haluan untuk menjangkau kemudi yang terlalu sempit bisa menyebabkan pengendara sepeda motor tergelincir.


Kalau saja Anda menyempatkan untuk berangkat diawal pagi, maka selama perjalanan menuju Cangar Anda dapat menyaksikan keunikan, biasanya akan terlihat anak-anak memenuhi bahu jalan menuju sekolah untuk menuntut ilmu, dan lihatlah wajah mereka, hampir sebagian besar pipinya berwarna merah merona, akan semakin terlihat indah jika mereka tersenyum, dan saya berani bertaruh yang menjadi penyebabnya adalah udara di sekitar Cangar yang terlalu dingin.



Perjalanan berkelok – kelok dengan background pegunungan menjadi pemandangan yang menarik, namun tidak cukup sampai di situ, semakin dekat ketempat lokasi, pandangan Anda pasti akan tetuju pada aktivitas petani di lereng-lereng bukit yang membetang dari sisi kanan dan kiri jalan.






  Selama berjalan menuju kolam pemandian maka sempatkanlah untuk melihat ke atas
jika beruntung maka Anda akan melihat sekelompok lutung jawa bergelantungan.




Setibanya di lokasi Wana Wisata Pemandian Air Panas Cangar, Anda pasti akan terkagum – kagum dengan keindahan dan keyamanan lokasi yang masih alami, ini terbukti dengan kehidupan puluhan satwa lutung jawa hitam yang hidup bebas bergelantungan di antara pohon-pohon besar yang terjajar rapi alami. 




Anda tidak perlu mempertanyakan kenyaman di lokasi ini, karena pemerintah telah menyediakan fasilitas umum, mulai jalan setapak, kantin, petunjuk jalan, stan sewa baju hingga toilet dan ruang ganti tertutup yang memadai. Ada empat titik kolam pemandian yang bisa anda pilih sesuai dengan kedalaman tempatnya, jika tiba sebelum pukul 06.00 wib anda akan melihat sinar matahari masuk melalui celah-celah pepohonan yang mengelilingi kolam bersamaan dengan hembusan uap panas yang menguap dari dasar kolam, pemandangan ini dijamin dapat menambah keyamanan anda berendam.


 
Fasilitas Umum yang memadai, begitu melewati loket anda bisa langsung menuju
kolam pemandian melalui tangga paving yang telah disediakan pemerintah



 

 Untuk menikmati keindahan pesona Pemandian Air Panas Cangar yang masih alami ini tidaklah terlalu mahal cukup dengan membayar karcis plus donasi untuk PMI sebesar 3000 rupiah kita sudah dapat masuk ke lokasi, inilah yang menjadikan tempat ini terkenal karena biaya masuknya yang relatif murah dan terjangkau.






Pintu Masuk 






Jika anda lapar tidak perlu khawatir, disekitar lokasi terdapat kios-kios pedangan jajanan yang mampu memanjakan lidah anda, seperti tape ketan hitam seporsi di patok harga 1500 rupiah, atau sekedar menikmati aneka gorengan dengan minuman hangatnya, pasti nikmat.



 

  

 

  Pemandian Air Panas Cangar sangat digemari Anak-Anak,
mereka dapat memilih kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda



 




0 komentar: