Mengunjungi Sidomulyo "Surganya Bunga"


Di awal catatan perjalanan ini aku coba memulainya dari desa Sidomulyo yang terkenal dengan bunganya, unik kawan daerah ini memiliki penduduk dengan mata pencaharian yang relative beragam yaitu bekerja sebagai petani bunga. Walaupun cenderung homogen namun pekerjaan sebagai petani bunga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan, bahkan saat ini Pemerintah Kota Batu mulai bekerjasama dengan masyarakat untuk menjadikan budidaya bunga sebagai asset wisata yang menguntungkan.

Jika Anda memiliki keinginan berwisata ke kota Batu maka saran Saya jangan lupa untuk mengunjungi desa Sidomulyo yang kaya akan bunga, di setiap ruas jalan berjejer bunga-bunga yang siap dijual, atau kalau mau praktis langsung saja datang ke pasar bunga Barokah, posisinya berada tepat di jantung kecamatan Bumiaji kota Batu.

Tidak sulit menemukan pasar ini, jika Anda biasa berwisata dengan kendaaraan umum, maka hanya sekali menggunakan angkutan umum dari terminal Kota Batu, kurang lebih memakan waktu 15 menit untuk sampai di pasar bunga Barokah, di tempat ini pengunjung bisa melihat langsung bunga-bunga yang sudah di tata rapi oleh pengelolanya, ada beberapa koleksi yang cukup menarik perhatian pengunjung, diantaranya jenis anggrek bulan, chataleya, kaktus, cemara, vanda, agronema, anthorium dan jenis-jenis lainnya.


Tinggal menunjuk, bunga yang sudah dipilih langsung di bawa petugas jaga ke kasir selanjutnya siap di bawa pulang, Anda tidak perlu khawatir kemahalan huntuk anggrek bulan di bandrol harga 35 ribu, bunga serangga (kantung semar) 75 ribu dan jenis kaktus berkisar di harga 3.500 sampai puluhan ribu.



Keberadaan wisata bunga di desa Sidomulyo ini memang belum setenar tempat-tempat wisata keluarga lainnya, namun pemilik pasar bunga ini Rustamaji berusaha semaksimal mungkin melengkapi segala bentuk fasilitas umum supaya lebih menarik, seperti kantin, mushola, ruang keluarga yang dilengkapi dengan softdrink.



Tempat ini berdiri sejak tahun 1987, pengunjung yang datang tidak hanya dari Malang tapi juga luar kota Malang, seperti probolinggo, Kediri, Blitar, Jakarta, Surabaya, bahkan tidak sedikit pengunjung yang berasala dari Kalimantan memborong beberapa jenis bunga dalam jumlah besar dan pada akhir pekan bisa mencapai lebih dari 100 pengunjung.



Jika Anda belum mengetahui tentang jenis-jenis bunga, jangan khawatir petugas akan memberi informasi yang lengkap tentang karakter bunga dan cara perawatannya.



Beragam Jenis Tanaman dapat Anda Jumpai disini


Kaktus dengan berbagai jenis



Pot keramik





Jika memiliki waktu untuk belibur akhir pekan, tidak ada salahnya menjadikan pasar bunga barokah menjadi tujuan wisata yang menyenangkan, selain hemat biaya tempat ini bisa menjadi media ilmu pengetahuan karena beragamnya jenis flora yang tersedia, hal ini memungkinkan bagi siapa saja untuk menikmati liburan yang bersifat edukatif.


0 komentar: