THAILAND : MENIKMATI WARNA TRADISIONAL FLOATING MARKET



Ini adalah perjalanan pertama Saya ke Thailand, ada kesempatan yang berpihak kepada Saya untuk menyapa keindahan folating market. Sebenarnya tempat ini tidak jauh berbeda dengan Banjarmasin atau Hamayung Utara Kalimantan Selatan-pernah saya publikasikan beberapa waktu lalu di blog ini-, namun yang mebedakan adalah keseriusan masyarakat Thailand untuk mengelola wilayah ini menjadi lokasi wisata yang mempesona.

Selama perjalanan mengelilingi sungai Saya Tidak melihat adanya sampah, walaupun berjejer rumah penduduk memadati pinggiran sungai, mungkin ada kesepakatan diantara masyarakat di sekitar Pasar Apung Damnoek Saduak untuk menjaga kebersihan sungai, secara subyektif Saya menilai bahwa fenomena tersebut bisa dianggap sebagai kesadaran lingkungan yang bersifat kolektif. Sebenarnya penilaian subyektif ini sekaligus memberi keyakinan yang cukup kuat bagi Saya bahwa semua pihak akan merasakan manfaat yang paripurna ketika kesadaran untuk menjaga lingkungan terbentuk secara kolektif, selain nyaman secara otomatis pendapatan devisa Negara atas kehadiran wisatawan asing meningkat, termasuk pendapatan masyarakat sekitar sungai.

Ini adalah cara masyarakat setempat menjalankan aktivitas ekonominya, ada sebagian diantara mereka yang bekerja sebagai pengantar turis, seperti gambar di bawah ini








Cukup banyak juga yang menjajakan buah-buahan











Selain buah-buahan, ada juga yang menjual handy craft, pedagang di wilayah ini menguasai English conversation, jadi tidak perlu khawatir untuk menawar ketika bertransaksi.









Jika lapar pengunjung dapat memesan makanan cepat saji yang sehat dan alami langsung dari atas perahu




Polisi di Thailand sangat ramah juga sagat tegas





Di rest area Saya manfaatkan untuk melihat handy craft, original dan bernilai seni tinggi



Jika memungkinkan coba untuk menyebrangi jembatan, renungi bagaimana aktivitas di sungai ini mampu menampilkan irama social yang menarik, ditempat lain pasar adalah tempat yang biasa dikunjungi orang hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, namun ditempat ini pasar apung memiliki fungsi lebih dari sekedar aktivitas ekonomis, ada nilai-nilai berharga yang dapat Saya rasakan yaitu kekuatan untuk mempertahankan keaslian budaya local untuk menghargai lingkungan sosialnnya.




Tidak ada yang lebih dari tempat ini, tidak ada sentuhan teknologi yang terlau dominan, namun yang mebuat istimewa adalah hangat sapa masyarakat setempat ditambah bumbu-bumbu keunikan pasar apung yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. Berharap sangat agar Kalimantan Selatan dapat mengikuti keberhasilan Thailand mengelola potensi wisata pasar apungnya yang mempesona, majulah Indonesiaku jayalah Bangsaku.




0 komentar: