Ini Hijauku



Kunci kesuksesan dalam menghijaukan lingkungan adalah kesadaran, baik kesadaran individu maupun kolektif, setegas apapun peraturan tentang lingkungan diterapkan kalau kesadaran tidak terbangun dengan baik, maka yang terjadi adalah keterpaksaan terhadap kesadaran manusia yang cenderung bersifat semu.

Dan masalah yang cukup mendasar untuk membangun kesadaran lingkungan adalah bagaimana membentuk ulang karakter manusia yang sudah terkontaminasi dengan segala bentuk modernitas.

Siapapun kita sebenarnya memiliki tanggung jawab penuh dalam melakukan penghijauan, aktivitas yang berorientasi hanya pada eksploitasi akan mengakibatkan bencana dan cenderung merugikan manusia, sebaliknya aktivitas yang berorientasi pada pelestarian alam akan membawa banyak manfaat bagi keberlangsungan makhluk hidup, dan secara teknis program penghijauan tidak akan merugikan mahkluk hidup tapi justru sebaliknya penghijauan akan memberikan keuntungan bagi mahkluk hidup.


Langkah strategis, sederhana dan realistis yang dapat kita lakukan untuk terlibat menjaga kelestarian alam adalah membangun kesadaran dalam lingkaran keluarga, banyak hal yang dapat kita lakukan seperti memanfaatkan lahan di lingkungan rumah untuk ditanami baik tanaman konsumsi atau tanaman hias, keduanya memiliki efek positif dalam menciptakan lingkungan “hijau”.

Keuntungan melakukan penghijauan di lingkungan rumah
Mengurangi efek rumah kaca.
Efek rumah kaca di sebabkan oleh polutan gas CO2 yang lepas ke udara dan terkumulasi di atmosfer. Pohon adalah “pelahap” CO2 yang rakus. Pohon mencapai kemampuan maxcimalnya menyerap CO2 sekitar usia 10 tahun.

Membersihkan udara yang kita hirup
Parikel debu, CO, SO2, dan polutan-polutan lain akan diserap oleh tanaman sehingga kita bias menghirup udara yang lebih baik kualitasnya.

Mengatasi udara kering dan panas
Pepohonan akan menambah kelembapan atmosfer dan pada akhirnya bias mengurangi kekeringan dan menurunkan suhu udara. Dengan begitu, konsumsi air ( misalnya untuk menyiram tanaman )pun dapat di kurangi.

Mengurangi ongkos pemakaian AC
Tergantung dari jumlah, ukuran, dan lokasi tumbuhnya, pohon bias mengurangi ongkos pemakaian AC hingga 30. Sebatang pohon dewasa, mampu menghasilkan efek pendinginan yanh setara dengan sebuah AC ukuran ruangan normal yabg beroperasi selama 20 jam sehari.

Mendinginkan suhu seluruh kota
Tidak hanya di taman tempatnya tumbuh, jika di perhitungkan secara keseluruhan , pepohonan yang tumbuh di suatu kota bias “mendinginkan” kota tersebut. Kota adalah pulau panas ( heat island ) yang suhunya 5-9 derajat lebih tinggi dari daerah suburban. Pepohonan khususnya yang bertajuk besar mampu mendinginkan kota melalui bayangan tajuknya dan proses evapotransipasi yang melepaskan uap air ke udara.

Mengharumkan udara
mengharumkan udara. Contohnya dalah sebatang pohon ceri yang bias mengharumkan udara dengan 200000 kuntum bunganya tang mekar saat musim semi. sumber :(wartawarga.gunadarma.ac.id)

Sebagai makanan
Tanaman saat ini menjadi salah satu penyedia bahan makanan bagi manusia, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Secara langsung tanaman menyediakan bahan makanan pokok seperti gandum, beras dan jagung serta berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang penting untuk nutrisi manusia serta budidaya lainnya seperti kopi, teh, gula, bir, alkohol, dan lain-lain. Selain itu tanaman juga menjadi bahan olahan untuk produk lain seperti mentega, minyak goreng, susu kedelai, dan yang lainnya. Tanamanpun menjadi bahan makanan hewan yang juga menjadi makanan manusia.

Sebagai Produk non makanan
Sebagai produk yang bukan makanan, tanaman menghasilkan kayu yang berguna bagi bangunan, kertas, perabot, dan sebagainya, juga sebagai bahan pembuat kain. Hasil tanaman dari jaman purba juga bermanfaat untuk bahan bakar yaitu batu bara. Untuk dunia kedokteran tanaman menghasilkan aspirin, morfin, quinine, dsb dan produk herbal non kimiawi seperti ginseng, temulawak, kunyit, jahe yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Tanaman juga menjadi bahan utama kebutuhan rumah tangga dan kecantikan serta menjadi bahan utama pembuatan karet, plastic, permen karet dan bahan kimia organik yang digunakan untuk ilmu pengetahuan dan percobaan.

Sebagai penggunaan estetika
Banyak sekali jenis tanaman yang beredar sebagai tanaman hias. Tanaman ini dipelihara oleh berbagai pecinta tanaman baik untuk sekedar menghiasi tempat tinggal mereka ataupun untuk meneduhkan lingkungan, mendinginkan temperatur, mengurangi hembusan angin, mengurangi kebisingan, menambah privasi dan melindungi tanah dari erosi.

Sebagai pengembang ilmu pengetahuan dan budaya
Tanaman juga berguna sebagai pendukung ilmu pengetahuan, dunia kedokteran dan berbagai kebudayaan dunia. Seperti kita tahu bahwa para ahli arkeolog dapat mengidentifikasi usia fosil, dan dunia kedokteran tertolong dengan ditemukannya obat bius dari morfin dan kokain. Tanaman juga banyak dipakai sebagai lambang beberapa Negara dan kelompok-kelompok tertentu sumber :(tanaman.org)

Langkah penghijauan yang dimulai dari lingkungan keluarga ini dapat menjadi inspirasi masyarakat Indonesia untuk melakukan gerakan penghijauan dalam skala yang lebih besar dan bersifat massif.

Jika Anda memiliki kegiatan penghijauan di lingkungan keluarga, dan memiliki keinginan untuk memberi inspirasi atau sekedar berbagi pengalaman tentang program penghijauan kepada masyarakat luas, maka Anda dapat mengirimkan opini melalui email : sam_irulmalang@yahoo.co.id dan akan di publikasikan melalui blog ini.

0 komentar: